Charher Laptop Otomatis Terputus Jika Baterai Sudah Penuh

- 30 April 2021, 06:46 WIB
Ilustrasi. Berbeda dengan PC yang setiap saat digunakan harus terhubung dengan sumber daya listrik, laptop membuatmu lebih leluasa menggunakannya karena dibekali dengan baterai.
Ilustrasi. Berbeda dengan PC yang setiap saat digunakan harus terhubung dengan sumber daya listrik, laptop membuatmu lebih leluasa menggunakannya karena dibekali dengan baterai. /olympick/

 

JAKARTA UTARA NEWS - Banyak yang khawatir dan bertanya-tanya apakah aman jika laptop di charge terus menerus meskipun sudah penuh?. Jakartautaranews kali ini kita akan membahas sesuatu yang menarik yang tak jauh-jauh dengan dunia laptop. Yup, kita akan membahas pada sektor baterai laptop yang selama ini mungkin kalian memiliki permasalahan pada pasangan Anda, maksudnya pada baterai laptop Anda.


Berbeda dengan PC yang setiap saat digunakan harus terhubung dengan sumber daya listrik, laptop membuatmu lebih leluasa menggunakannya karena dibekali dengan baterai. Jadi ketika baterai laptop terisi penuh kamu bisa membawa laptopmu kemanapun angin berlalu, yaelah.

Pada sektor daya listrik pasti laptop memiliki nilai lebih dibandingkan dengan PC. Namun yang menjadi pertanyaan misterius selama ini adalah, sebenarnya berbahaya ga sih ketika baterai laptop sudah terisi penuh namun tidak dicabut kabel chargernya? Hayoo kepo yaaa, yuk simak penelusuran tim arenalaptop.com dibawah ini.

Baca Juga: Yuk Siap-Siap! Indonesia Butuh 600.000 SDM Ahli Digital Hadapi Era Teknologi dan Informatika  


Apakah aman laptop di charge terus-menerus?
Laptop di Charge Terus Menerus

Dalam kasus ini sebenarnya penyebab kerusakan baterai bukan lama atau tidaknya sebuah laptop terhubung dengan sumber daya listrik. Nah untuk baterai laptopmu yang berjenis Lithium, hal-hal berikut ini yang mempengaruhi kesehatan baterai laptop kita:

1. Temperatur
Hal yang membuat baterai laptopmu cepat rusak (soak) bukanlah lama atau tidaknya waktu ketika Anda men-charge-nya, namun yang menjadi penyebabnya adalah temperature suhu laptopmu. Jadi ketika kondisi suhu laptopmu semakin panas, maka semakin cepat pula baterai laptopmu akan rusak. Oleh karena itu jaga selalu kondisi suhu laptopmu agar tetap dingin ya, kayak sikap doi ke kamu yang dingin.

Solusi buat laptopmu yang sering kepanasan, kamu bisa membeli USB Cooler Fan yang bisa kamu dapetin dikantor polisi terdekat agar kondisi permukaan laptopmu tetap dingin. Solusi lain adalah kamu bisa mencabut baterai laptopmu ketika baterai laptopmu telah terisi penuh. Nah itu tadi solusi buat kamu agar bisa menjaga suhu laptopmu lebih stabil.

Halaman:

Editor: H. Attan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X