Kultum Miftah Fauzi Rakhmat: Sejarah Di Hari-Hari Ramadhan: Tanggal 12-14

- 30 April 2021, 05:40 WIB
Dr. Miftah Fauzi Rakhmat
Dr. Miftah Fauzi Rakhmat /

 


JAKARTA UTARA NEWS - Pada 12 Ramadhan. Hari persaudaraan. Pada hari ini, tahun pertama setelah hijrah, Rasulullah Saw mempersaudarakan para sahabatnya. Muhajirin Makkah dipersaudarakan dengan saudara-saudara Anshar mereka di Madinah. Beban sama dibagi, kesulitan dikurangi. Semua sahabat mendapat saudaranya, kecuali satu orang saja: yaitu Ali bin Abi Thalib kw.

Ia tidak dipersaudarakan dengan siapa pun. Ia muhajir dari Makkah. Tidak ada orang Anshar baginya. Ali dipersaudarakan dengan Rasulullah Saw. Dalam Sunan Turmudzi, 5: 300 (rujukan Lidwa hadis no. 3654), Nabi Saw bersabda: “Wahai Ali, engkaulah saudaraku di dunia dan di akhirat.”

Nabi Saw tidak secara acak mempersaudarakan siapa dengan siapa. Nabi yang setiap ucapannya adalah petunjuk, setiap perbuatannya adalah teladan tahu benar siapa dipersaudarakan dengan siapa karena karakteristik, pendekatan, dan berbagai hal lainnya yang menjadi pertimbangan. Menurut catatan, ada 90 orang yang dipersaudarakan.

Baca Juga: Agus Hartono, Sang Mafia Tanah Disinyalir Miliki Tiga e-KTP, Kemendagri Harus Turun Tangan

Sebagian sahabat yang dipersaudarakan itu menorehkan kisah-kisah keberanian dan kesetiaan mereka dalam sejarah Islam. Ada baiknya juga meneleaah sejarah untuk mengetahui saudara-saudara para sahabat itu lebih jauh. Mungkin bisa jadi disertasi doktoral untuk meneliti “rahasia” di balik hubungan sahabat yang dipersaudarakan Nabi Saw. Berikut di antaranya.


Ja’far bin Abi Thalib dengan Mu’adz bin Jabal

Ammar bin Yasir dengan Huzaifah al-Yamani

Abu Bakar dengan Kharjah bin Zaid

Halaman:

Editor: H. Attan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X