PDI Perjuangan Masih Berada di Puncak Tertinggi

- 2 Mei 2021, 12:12 WIB
Survei New Indonesia Research and Consulting (NIRC) menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan masih berada di posisi tertinggi.
Survei New Indonesia Research and Consulting (NIRC) menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan masih berada di posisi tertinggi. /suara.com/

 

JAKARTA UTARA NEWS - Survei New Indonesia Research and Consulting (NIRC) menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan masih berada di posisi tertinggi, sementara PSI mulai merangkak naik dan berada di papan tengah.

“PSI masuk klasemen papan tengah, sebaliknya PAN terjerembab ke papan bawah di tengah stagnasi partai-partai yang lain,” kata Direktur Eksekutif NIRC Andreas Nuryono dalam siaran persnya yang diterima Minggu, 2 Mei 2021.

Elektabilitas PSI menembus 5 persen, tepatnya 5,2 persen atau naik dari survei pada Februari 2021 sebesar 4,8 persen. Sementara PAN yang elektabilitasnya 1,1 persen makin ditinggalkan oleh sempalannya, Partai Ummat dengan 1,8 persen.

Baca Juga: Desamu Ingin Punya Wisata, Yuk Daftar di Jaringan Desa Wisata Menparekraf

“Keseriusan Amien Rais mendirikan Partai Ummat berpeluang menggerus suara PAN, terutama setelah resmi dideklarasikan,” jelas Andreas.

Jika memperhitungkan margin of error, Partai Ummat lebih berpeluang lolos threshold 4 persen dibandingkan PAN.

Andreas menambahkan, elektabilitas tertinggi tetap dikuasai PDI Perjuangan yang bertengger di angka 22,3 persen atau turun sedikit dari survei Februari 2021 sebesar 23,1 persen.

“Jika dibandingkan dengan survei Juni tahun lalu, elektabilitas PDIP turun cukup dalam,” tuturnya.

Halaman:

Editor: H. Attan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X