Desamu Ingin Punya Wisata, Yuk Daftar di Jaringan Desa Wisata Menparekraf

- 2 Mei 2021, 12:01 WIB
Ilustrasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap desa wisata mampu menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian Tanah Air.
Ilustrasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap desa wisata mampu menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian Tanah Air. /Jakartautaranews/


JAKARTA UTARA NEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap desa wisata mampu menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian Tanah Air khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, menjelaskan program penobatan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 menjadi salah satu cara untuk memulihkan perekonomian Indonesia, khususnya pariwisata.

Sandiaga menyebut bahwa program tersebut dilakukan guna menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia dan berdaya saing.

Baca Juga: Niat Bercerai Dari Sule, Nathalie Holscher Kandas Gara-gara Janin yang Dikandungnya

“Desa wisata ini merupakan potensi yang perlu dikembangkan dan diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sehingga memiliki daya saing serta menjadi lokomotif kebangkitan perekonomian di sektor parekraf di tengah pandemi,” katanya.

Menparekraf menjelaskan sesuai RPJMN 2020 – 2024, Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.

Namun, ia mengharapkan bisa melebih target yang dicanangkan mengingat besarnya potensi desa wisata, yang tercatat terdapat di 74 ribu desa di Indonesia.

“Kami memetakan ada 1.200 potensi desa wisata di Tanah Air yang siap dikembangkan secara berkelanjutan karena memiliki nilai kearifan lokal dan budaya yang kuat. Ini menjadi target kita ke depan,” katanya.

Selain itu Menparekraf Sandiaga menjelaskan secara umum desa wisata terklasifikasi dalam tiga kategori.

Halaman:

Editor: H. Attan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X