Dahsyat, India Terpukul Kasus Baru Mencapai 349.691 Kasus Covid-19

- 26 April 2021, 12:02 WIB
Sejumlah polisi berjaga di sekitar Hotel Holiday Inn Jalan Gajah Mada, Jakarta, Minggu (25/4/2021). Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyiapkan Hotel Holiday Inn sebagai tempat karantina terpusat bagi 141 warga negara asing khususnya warna negara India yang negatif COVID-19 untuk dilakukan pemantauan selama 14 hari ke depan.
Sejumlah polisi berjaga di sekitar Hotel Holiday Inn Jalan Gajah Mada, Jakarta, Minggu (25/4/2021). Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyiapkan Hotel Holiday Inn sebagai tempat karantina terpusat bagi 141 warga negara asing khususnya warna negara India yang negatif COVID-19 untuk dilakukan pemantauan selama 14 hari ke depan. /ANTARA FOTO/Reno/

 


JAKARTA UTARA NEWS - Dalam empat hari berturut-turut, India mencetak rekor kasus baru virus corona dengan 349.691 kasus baru pada Minggu, 25 April 2021. Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pidato bulanan yang disampaikan melalui radio hari Minggu (25/4) mengatakan virus corona telah “mengguncang” India.

"Tercatat 349.691 kasus baru virus corona dalam 24 jam terakhir, satu lagi rekor baru, ujar Kementerian Kesehatan India.

Dengan perkembangan ini, para ahli memperingatkan sejumlah negara di Asia Selatan dan sekitarnya untuk waspada dengan potensi menjadi pusat wabah Covid-19 baru setelah Amerika Serikat.

Baca Juga: Airlangga Hartarto; Indonesia Lakukan Restriksi Bagi Warga India Hingga 14 Hari Kedepan, Visa Disetop!

Disampaikan peneliti di Institut Hubungan Internasional di Akademi Ilmu Sosial Shanghai, Hu Zhiyong, kelengahan pemerintah diduga jadi penyebab ledakan wabah di India.

Jika keadaan ini terus terjadi tanpa penanganan yang tepat, dikhawatirkan wabah semakin tak terkendali dan fasilitas kesehatan akan kolaps.

"Wabah di India bisa semakin tidak terkendali, dengan efek tidak langsung di seluruh Asia Selatan," kata Hu dikutip dari Routers.

Gelombang dahsyat Covid-19 di India kian menjadi pada Maret lalu. Dengan wabah yang memburuk, pemerintah setempat justru mengizinkan festival Maha Kumbh Mela, salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia, dengan ribuan orang berkumpul di kota Haridwar di tepi Sungai Gangga.

Baca Juga: Persiapan Idul Fitri 2021, Ini Cara Memilih Bahan Kue Sesuai dengan Selera Anda

Halaman:

Editor: H. Attan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X