Puasa Itu Dapat Merawat Kesehatan Ginjal, Ini Buktinya!

- 30 April 2021, 06:20 WIB
Ilustrasi Ginjal. Ginjal sebagai salah satu bagian organ yang punya fungsi sangat penting. Fungsi penting dari organ yang terletak di bagian bawah rusuk ini adalah menyaring limbah beracun dan kotoran-kotoran lain dari dalam darah.
Ilustrasi Ginjal. Ginjal sebagai salah satu bagian organ yang punya fungsi sangat penting. Fungsi penting dari organ yang terletak di bagian bawah rusuk ini adalah menyaring limbah beracun dan kotoran-kotoran lain dari dalam darah. /lifestyle/

JAKARTA UTARA NEWS - Pada umumnya, pada saat kita memasuki bulan puasa, ternyata menahan lapar dan haus selama berjam-jam saat puasa bisa bermanfaat bagi kondisi kesehatan tubuh. Puasa sudah lama terbukti bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan, puasa disebut bisa memberi dampak baik secara psikis.

Orang yang menjalankan puasa disebut lebih mampu dalam mengatasi stres dan depresi. itu merupakan dampak dari “belajar mengendalikan diri” selama berpuasa. Selain itu, berpuasa juga bisa memberi manfaat sehat lain untuk tubuh. Simak selengkapnya manfaat puasa untuk kesehatan di sini!

Namun kita disarankan tidak asal puasa, tapi juga bagaimana meraih puasa yang bermanfaat dan memberikan rasa nyaman pada jiwa dan raga. Tadi sudah disinggung kalau puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun tentu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat manfaat tersebut. Pasalnya, puasa yang tidak dilakukan dengan benar malah bisa membawa dampak buruk.

Baca Juga: Update Data Covid-19 Jakarta Utara: Kamis, 29 April 2021⁣ Bertambah 49 Orang

Puasa memberikan manfaat yang tidak sedikit untuk kesehatan. Setiap hari organ, seperti hati, ginjal, dan limfa bekerja untuk mengeluarkan dan menetralkan racun dari tubuh untuk menjaga sel-sel kita tetap sehat. Ketika kamu berpuasa, maka dapat menghilangkan input racun tambahan dari makanan. Ini dikatakan oleh David Katz, MD, MPH, Direktur Yale-Griffin Prevention Research Center di Yale University di New Haven, Connecticut.

Karena itulah, puasa dapat memengaruhi tubuh terutama untuk kesehatan dalam jangka panjang. Sejatinya, puasa memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, tekanan darah, mengontrol gula darah, dan penurunan berat badan. Namun, untuk meningkatkan fungsi ginjal dan memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, justru puasa tidak membawa pengaruh yang besar.

Malahan menurut US National Library of Medicine National Institutes of Health, menjelaskan bahwasanya efek puasa total membuat fungsi ginjal sedikit menurun, tapi dipertahankan dalam nilai referensi. Efek positif dari puasa lebih mendasar pada pengurangan stres oksidatif, berat badan, dan tekanan darah.


Tidak bisa dipungkiri tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal yang menyakitkan. Buat orang-orang yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan mereka, tapi bagi kebanyakan orang, minum 1,5 hingga 2 liter (3 hingga 4 liter) air per hari adalah target yang sehat.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, puasa lebih berperan terhadap kesehatan jantung. Satu studi yang diterbitkan pada Juni 2012 di The American Journal of Cardiology, mengamati kebiasaan 200 pria dan wanita, dan menemukan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki kemungkinan penyakit jantung 58 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya. Tentunya setelah mengendalikan faktor-faktor, seperti usia, status merokok, dan tekanan darah tinggi.

Halaman:

Editor: H. Attan

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X